Keadaanku Tak Sejalan [Trilogy]


[2]
When my life is not like what I want

Meski mereka tidak bisa melihat bentuk nyata dari ikhlas yang kupelihara, setidaknya dengan begitu aku bisa jauh lebih bahagia. Aku pun tak pernah berhenti di situ saja. Aku turut menjadikan segala sakit hati yang pernah ku rasa sebagai pelajaran berharga dalam hidupku. Bagiku, sebaik-baiknya pelajaran adalah apa yang pernah kudapatkan dari masa silam. Dan sebaik-baiknya guru adalah pengalaman.
Berbekal itu semua, aku bangkit dan menjadi lebih baik. Ya, aku belajar untuk menjadi dewasa dan bijaksana. Mungkin seharusnya aku berterima kasih pada mereka semua yang telah mengajakku untuk merasakan betapa pedihnya sakit hati. Karena secara tidak langsung, mereka menjadikan aku untuk memaafkan dengan ikhlas meski tanpa diminta. Berkat mereka pun kini aku bisa menjadi seorang yang dewasa dan bijaksana, setidaknya bagi diriku sendiri.
Aku sadar betul jika banyak perubahan yang ku rasakan setelah berbagai luka menemani masa buruk ku waktu itu. Dan sejak saat itu, saat dimana aku bisa memaafkan semua masa lalu, aku berjanji pada diriku sendiri jika aku tak kan mengulangi kesalahan mereka dengan tidak melakukannya pada orang lain atau membalas semua perbuatan yang sudah mereka lakukan. Semua pengalaman pahit itu telah banyak mengajarkan ku jika hidup tak akan pernah berhenti secepat yang aku mau.
bersambung..

Edisi Curahan Hati Wanita Desa, oleh Pejuang Wanita.


Komentar

What's on?

Tentang Aku dan Sebuah Tragedi

Islamic Tolerance

Andai Kata Dunia..

Bukan Mahabarata

Seram