Mistake or Accident : Go Blue



I know, this earth is round. Rotation can not be fully controlled, because we are human. And I don’t know, whether it was a mistake or accident. But, I have to apologize. I say, happy World Children’s Day November 20th, 2018. #GoBlue.
My name is wind. I remembered when I was a child. Ketika itu aku tidak tahu apakah kelakuan ku dahulu dianggap kesalahan atau ketidaksengajaan oleh orang-orang disekitar ku. Tapi sekarang aku mulai tumbuh, benturan itu tidak dapat aku hindari sehingga sampai waktunya aku mendapatkan kalimat “Orang lebih dikenal dari satu kesalahan yang ia perbuat, dibandingkan dengan seribu kebaikan yang ia lakukan.” I think that’s true, the fact of life. Sehingga ada pribahasa yang mengatakan “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.” Artinya, hanya karena kesalahan kecil yang nampak tiada artinya, seluruh persoalan (yang baik) menjadi kacau dan berantakan.
Sekarang pertanyaannya adalah apakah suatu mistake or accident? Kenyataanya, setiap hari masih banyak anak-anak di dunia yang belum terpenuhi hak nya. Menurut data UNICEF, 303 Juta anak dan remaja di seluruh dunia tidak sekolah dan 650 Juta anak perempuan dan wanita menikah sebelum berusia 18 tahun. Selain itu, data UNICEF tahun 2017 menunjukkan 5.4 Juta anak meninggal karena sebab yang bisa dicegah sebelum berusia 5 tahun.1
Sekali lagi, apakah ini suatu kesalahan atau ketidaksengajaan? Atau ini sebuah takdir Tuhan Yang Maha Esa? Bukannya kita masih bisa berusaha, yes or no? Lantas, dengan cara apa kita dapat membantu saudara kita di sana? Mungkin aku rasa salah satunya dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang kita punya hari ini, kesempatan menempuh pendidikan.
Jangan selalu menyalahkan muddy water, Waterline kau harus bijak dalam menarik garis permasalahannya. Kita tidak tahu, ada kemungkinan air yang keruh, dengan ketenangan beberapa saat dapat menjadi air biru yang indahnya membentang luas di samudera, ciptaan-Nya.

Edisi Beranjak Berputar, oleh Watermark.

1 Instagram @ureportindonesia 


Komentar

What's on?

Tentang Aku dan Sebuah Tragedi

Islamic Tolerance

Andai Kata Dunia..

Bukan Mahabarata

Seram